Inilah Kegunaan Pipa HDPE bagi Masyarakat

Inilah Kegunaan Pipa HDPE bagi Masyarakat! Penggunaan pipa menjadi salah satu faktor utama dalam proses pembangunan. Tak pelak setiap bangunan-entah itu rumah, perkantoran, apartemen, bahkan ruko-ruko kecil-pasti melakukan pemasangan pipa. Maka dari itu, dibutuhkan pipa yang kuat, tahan lama, aman, dan anti karat.

Pipa HDPE

Pipa HDPE

Kualitas tersebut bisa Anda dapatkan pada pipa HDPE. Jenis pipa tersebut ada banyak macamnya, tergantung pada kegunaannya. Sedangkan, harga pipa HDPE itu juga beragam sesuai dengan jenisnya. Pipa jenis ini juga sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat, semakin hari semakin meningkat.

Sebenarnya, pipa HDPE ini mempunyai kegunaan apa saja, sih, di kalangan masyarakat?

High Density Polyethylene pipe atau lebih dikenal dengan sebutan pipa HDPE ini terbuat dari polimer minyak bumi sebagai bahan utamanya. Bahan baku tersebut tentu memiliki keunggulan seperti yang disebutkan di atas tadi. Dengan keunggulan tersebut, tentu saja pipa ini dapat digunakan dalam berbagai hal di masyarakat. Oleh karena itu, berikut ini merupakan kegunaan pipa HDPE bagi masyakat.

Kegunaan yang pertama pipa HDPE ini adalah sebagai saluran air bersih. Untuk saluran air bersih, kita tidak dapat menggunakan sembarang pipa. Hal ini dikarenakan air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Maka dari itu, pipa dengan spsifikasi rendah, seperti tidak higenis, berbau, cepat berkarat, atau terbuat dari bahan baku berbahaya ini sangat beresiko pada kesehatan masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena air bersih ini umumnya digunakan oleh masyarakat untuk mandi, mencuci, memasak, dan lain sebagainya. Selain itu, memilih pipa ini sebagai saluran air bersih juga karena pipa ini memiliki bermacam-macam beban tekanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kegunaan pipa HDPE yang kedua adalah sebagai saluran air limbah. Seperti yang kita tahu bahwa limbah mengandung bahan-bahan sisa kimia. Maka dari itu, sepertinya halnya sebagai saluran air bersih, saluran air limbah juga tidak boleh menggunakan pipa sembarangan. Hal ini disebabkan pipa akan terus-menerus mengalirkan limbah, baik limbah rumah tangga, industri, komersil, atau limbah lainnya.

Maka dibutuhkan pipa yang kuat, anti bocor, tahan terhadap asam, dan yang paling penting adalah pipa tersebut tidak akan bereaksi pada jenis bahan kimia apapun. Selain itu, pipa tersebut juga harus tahan terhadap cuaca apapun jika ditempatkan di luar ruangan. Semua spesifikasi tersebut ada pada produk terbaik. Oleh karena itu, sekarang ini pipa ini juga sudah banyak digunakan sebagai saluran air limbah. Meskipun, untuk kegunaan yang satu ini tidak memerlukan tekanan dalam penggunaan karena limbah akan mengalir mengikuti gravitasi.

Kegunaan ketiga pipa HDPE ini adalah sebagai saluran pembuangan air hujan. Pada kegunaan yang satu ini, Anda memang dapat menggunakan pipa dengan spesifikasi rendah. Hal ini dikarenakan peggunaan pipa untuk saluran pembuangan air hujan tidak memerlukan tekanan.

Selain itu, saluran tersebut biasanya hanya diperuntukkan sebagai jalur aliran air untuk mengalirkan air hujan dari dari atap ke tanah. Akan tetapi, hal-hal tersebut tentu saja tidak mengurungkan untuk menggunakan produk  yang mempunyai kualitas yang tinggi. Salah satu lebih memilih menggunakan produk dari pipa lain adalah tahan lama dan kuat.

Demikianlah beberapa kegunaan pipa HDPE bagi masyarakat. Tentu saja ini hanya sebagian dan masih banyak kegunaannya lagi. Apa Anda tertarik mengganti pipa Anda dengan pipa HDPE? Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke distributornya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

shares