Jenis Film Berdasarkan Isinya yang ada di Layar Kaca 21

Selama ini mungkin kita mengenal berbagai jenis film dari jalan ceritanya. Tapi tahukah kamu jika sebenarnya film bisa dibedakan berdasarkan isi konteksnya? Nah, jika kamu berkunjung ke situs Layar Kaca 21, maka kamu akan bisa melihat bagaimana sih perbedaan film berdasar isinya ini. penasaran? Yuk, langsung saja simak ke ulasan berikut ini!

Layar Kaca 21

Layar Kaca 21

  1. Film Non Fiksi

Film jenis ini merupakan film yang mengangkat tema-tema non cerita. Maksudnya, film ini tidak menghadirkan kisah percintaan layaknya genre drama, atau juga kisah hantu dalam genre misteri. Tapi jenis film ini menyajikan kumpulan kejadian yang dirangkum layaknya film dokumenter namun lebih ke sebuah kejadian, misalnya saja kejadian alam maupun manusia.

  1. Film Dokumenter

Dokumenter merupakan sebuah sebutan yang diberikan kepada hasil film pertama. Film ini dibuat oleh Lumiere bersaudara dan mengambil kisah perjalanan pada tahun 1890-an. Nah, baru sekitar 36 tahun kemudian, kata ini digunakan kembali oleh John Grierson untuk mengomentari film Moana karya Robert Flaherty pada tahun 1926. Menurutnya, dokumenter adalah sebuah cara kreatif untuk menampilkan realitas.

Berbeda dari film non fiksi, film dokumenter menampilkan sajian realita dengan jalan kisah yang dibuat dengan sebuah tujuan. Film ini juga akhirnya memiliki aliran tersendiri yang diberi nama docudrama. Dalam genre ini, film dibuat untuk tujuan estetis dengan pengemasan yang lebih menarik.

Kini, banyak para sineas muda yang tertarik menghasilkan karya film documenter. Pasalnya, documenter sekarang juga banyak yag ditayangkan di televisi dan sangat laris di pasaran, misalya saja National Geographic dan Animal Planet.

  1. Film Fiksi

Satu lagi jenis film yang dilihat berdasar isinya, yakni film fiksi. Film ini merupakan salah satu jenis yang sangat terkenal di dunia perfilman. Pasalnya, banyak sub genre dari jenis film ini yang laris di pasaran, misalnya saja drama, action, horror, science fiction, hingga Musikal.

Demikianlah ulasan mengenai jenis film berdasar isi yang bisa kamu saksikan di Layar Kaca 21 dengan mengunjungi website tersebut. Semoga bermanfaat!

shares