Legenda Pulau Belitung, Pulau Bali yang Terpotong

Legenda Pulau Belitung, Pulau Bali yang Terpotong! Siapa yang tidak kenal pulau Belitung? Pulau ini cukup populer di kalangan para pecinta sastra. Itu sebabnya pulau merupakan latar cerita sebuah buku karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi.

Pulau Belitung

Pulau Belitung

Pulau Belitung atau Belitong, merupakan sebuah pulau tropis yang berada di sebelah timur Pulau Sumatra. Pulau ini memiliki sejarah yang cukup unik. Konon, pulau ini merupakan pulau Bali yang terpotong dan hanyut terbawa arus menuju utara. Pulau dengan cerita unik ini merupakan salah satu sejarah paling banyak diminati oleh mayoritas masyarakat pribumi. Beralih dari cerita wisata Anda juga perlu mengetahui pengetahuan lainnya seperti informasi otomotif untuk informasi terlengkap.

Mengapa Pulau yang Berbentuk Mirip Kepala Manusia Ini Bisa Terputus?

Suatu waktu di Pulau Bali, Indonesia, hiduplah seorang raja yang raja memiliki seorang putri yang cantik jelita, namun sayangnya sang putri memiliki penyakit kelamin. Raja dan permaisuri sudah mencoba berbagai cara untuk menyembuhkan putri mereka, bahkan mengadakan sayembara. Namun tidak ada satupun yang berhasil menyembuhkan sang putri.

Kemudian raja mengasingkan sang putri di hutan dengan ditemani oleh seekor anjing yang diberi nama Tumang. Suatu hari, utusan dari istana mendapati sang puteri dalam keadaan hamil. Menurut cerita pulau Belitung ini, sang putri berhubungan dengan anjingnya, si Tumang. Semenjak berhubungan dengan si Tumang, penyakit kelaminnya berangsur sembuh.

Raja sangat senang mendengar kabar kesembuhan sang putri, namun saat mengetahui bahwa sang putri hamil, raja menjadi sangat marah. Raja berdoa kepada Tuhan untuk menghukum putrinya dan menghancurkan tanah tempat putrinya dan si Tumang melakukan hal tercela tersebut.

Beberapa hari kemudian, turunlah hujan petir disertai angin kencang di sekeliling tanah tempat tinggal sang putri. Tak lama, bumi bergetar menyebabkan tanahnya retak dan terputus dari pulau Bali. Pulau Belitung ini dibentuk oleh tanah yang terpisah itu hanyut dan terbawa arus menuju ke arah utara sampai ke dekat pulau Sumatera.

Ada dua nelayan yang melihat tanah yang hanyut terbawa arus air itu. Mereka menancapkan jangkar ke dasar laut hingga tanah itu berhenti dan tidak kemana mana. Tanah itulah yang dinamakan pulau Belitong, yang berasal dari kata Bali terpotong. Sekarang dikenal dengan nama pulau Belitung.

Baca juga: http://carinsurancequotes66.info/sejarah-raja-ampat-tidak-kalah-menarik/

Itulah asal-usul Pulau Belitung yang penuh dengan sejarah.

shares