Tidak Hanya Menjadi Warisan Alam, Pulau Komodo Juga Tercatat Sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia

"<yoastmark

Di Indonesia, Anda bisa menjumpai Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau tepatnya di Pulau Komodo. Untuk bisa ke pulau tersebut Anda harus menaiki kapal sekitar satu jam dari Labuan Bajo. Tentu dengan pendampingan khusus. Dengan belajar tentang sejarah cerita unik ini, artinya Anda sudah mempelajari untuk mempersiapkan diri ketika berada di pulau ini. Anda perlu mengetahui informasi lainnya mengenai pengetahuan terlengkap selain wisata yaitu seperti informasi otomotif untuk persiapan perjalanan Anda.

Seperti Apa Cerita Unik Pulau Komodo yang Termasuk Salah Satu Keajaiban Dunia Ini?

Hewan ini pertama kali ditemukan oleh seorang yang melakukan tracking di daerah tersebut pada tahun 1911. Ia kemudian memotret hewan ini karena di anggap unik dan menyimpannya di musem Zoologi, Bogor. Pada tahun 1912 Ia menyebarluaskan foto tersebut keseluaruh dunia. Setelah itu, banyak yang melakukan penelitian terhadap spesies hewan tersebut. Mereka menyisir beberapa pulau yang ada di Labuan Bajo. Diantaranya Pulau Loh Liang, Pulau Rinca, Pulau Papagarang, Pulau Padar.

Pada tahun 1980 dibentuklah Taman Nasional Komodo (TNK). Taman Nasional ini kemudian berperan sebagai wadah dalam melakukan perlindungan terhadap hewan predator tersebut serta masyarakat yang hidup di kawasan pulau.

Dengan banyaknya peniliti yang mengkaji wilayah Pulau Komodo ini, pada tahun 1991 UNESCO menetapkan Komodo sebagai Warisan Alam Dunia. Selang setahun, yaitu pada tahun 1992 pemerintah Indonesia menobatkan Komodo sebagai Satwa Nasional.

Tubuhnya yang besar dan terlihat sangat buas menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menyaksikan penampakan Komodo. Untuk dapat bertemu Komodo, Anda harus memasuki wilayah TNK. Komodo tidak hanya ada di pulau ini. Penyebaran hewan ini juga ada di Pulau Rinca dan Pulau Padar. Ketiga pulau tersebut memang merupakan habitat Komodo.

Baca juga: http://carinsurancequotes66.info/sejarah-budaya-pulau-madura/

Karena dianggap satwa langka, pada tahun 2013 Komodo masuk dalam salah satu 7 keajaiban dunia. Dari situ, Pulau Komodo kemudian menjadi salah satu destinasi yang dibidik oleh beberapa wisatawan dalam dan luar negeri.

shares