Sejarah Pulau Jawa Sebagai Pulau Padat Penduduk

Sejarah Pulau Jawa Sebagai Pulau Padat Penduduk! Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki keberagaman suku dari sabang sampai merauke. Adatnya juga memiliki banyak ciri khas atau perbedaan di berberbagai pulaunya. Pulaunya berjajar dari Sabang sampai Merauke, dimana diantaranya terdapat pulau – pulau besar seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Irian, dan Jawa.

"<yoastmark

Diantara kelima pulau Indonesia tersebut, satu diantaranya adalah yang memiliki penduduk paling banyak, yaitu pulau Jawa. Sebelum dianggap sebagai pulau padat penduduk, tentunya yang memiliki sejarah yang tidak kalah unik dengan lainnya. Cerita unik pulau ini adalah salah satu cerita dari sekian banyak pulau di Indonesia. Beralih dari cerita wisata Anda juga perlu mengetahui pengetahuan lainnya seperti informasi otomotif untuk informasi terlengkap.

Berikut sejarah pulau Jawa sebagai pulau padat penduduk

Dikutip dari sebuah sumber, pulau Jawa diperikarakan terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu, yaitu pada Zaman pre-tersier. Pada waktu itu, banyak orang mengatakan bahwa pulau ini masih tergabung dengan benua besar, benua itu dinamakan superbenua Pangea.

Jika dilihat dari susunan dasar batuan, wilayah ini memiliki umur yang berbeda-beda. Untuk pulau Jawa khususnya bagian barat diperkirakan bahwa hal ini sudah terbentuk sejak sekitar 145 sampai 65 juta tahun yang lalu. Pulau tersebut adalah yang akhirnya menjadi bagian dari Sundaland Core (paparan sunda)

Pada bagian timur diperkirakan bahwa dulunya pulau ini merupakan bagian dari benua Australia dan bagian timur pulau Jawa tersebut juga disebutkan menabrak bagian baratnya. Proses penabrakan itu diperkirakan terjadi 100 hingga 70 juta tahun yang lalu. Kemudian proses penabrakan kedua bagian tersebut menjadi jawa hingga sekarang.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pulau Jawa yaitu terbentuk dari dua lempeng bagian barat dan lempeng bagian timur. Batas kedua lempeng tersebut dipercaya berada di bawah sungai Luk Ulo yang berada di daerah Kebumen. Batas kedua lempeng tersebut melewati laut Jawa dan berakhir di Pegunungan Meratus.

Baca juga: http://carinsurancequotes66.info/legenda-pulau-belitung-pulau-bali/

Demikian sejarah terbentuknya pulau ini yang bisa anda ketahui. Dengan membaca artikel tadi, kita dapat mengetahui sejarah pulau jawa serta dapat melestarikannya agar tidak terkena bencana.

shares