Seluk Beluk Pulau Kalimantan

Seluk Beluk Pulau Kalimantan! Kalimantan, merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang letaknya berada di sebelah barat pulau Sulawesi. Dikarenakan banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini juga dijuluki sebagai Pulau Seribu Sungai. Pulau ini juga sering kali dijuluki Borneo, berasal dari nama kesultanan Brunei.

Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan

Zaman dahulu, Borneo adalah nama yang dipakai oleh Belanda dan Kolonial Inggris untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan. Sementara Kalimantan adalah nama yang digunakan penduduk bagian timur pulau yang sekarang sudah termasuk wilayah Indonesia. Pulau Kalimantan juga dibagi menjadi wilayah Indonesia, Malaysia dan Brunei. Berbagai hal menarik tentang pulau ini menjadikannya sebagai salah satu cerita unik dari pulau di Indonesia. Anda perlu mengetahui informasi lainnya mengenai pengetahuan terlengkap selain wisata yaitu seperti informasi otomotif untuk persiapan perjalanan Anda.

Inilah Sejarah Tentang Seluk Beluk Kalimantan!

Asal usul nama pulau Kalimantan tidak begitu jelas. Dalam bukunya yang berjudul, Natural Man, a Record from Borneo, Hose menjelaskan bahwa Klemantan adalah nama baru yang digunakan bangsa Melayu. Sedangkan menurut Slamet Muljana, kata Kalimantan bukan kata Melayu asli melainkan kata pinjaman sebagaiman halnya kata Malaya, melayu yang berasal dari India.

Pulau Kalimantan memiliki Sungai-Sungai terpanjang seperti Sungai Kapuas, Sungai Barito, Sungai Mahakam, dan Sungai Rajang. Kalimantan juga memiliki hutan yang lebat, tetapi hutan itu semakin berkurang dikarenakan maraknya aksi penebangan pohon. Bahasa-bahasa asli pulau ini ialah bahasa Austronesia dari rumpun Malayo-Polynesia.

Pulau Kalimantan juga dikelilingi oleh Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Sulawesi, dan Selat Makassar serta Laut Jawa dan Selat Karimata. Gunung Kinabalu menjadi lokasi tertinggi di Kalimantan yang letaknya berada di Sabah, Malaysia.

Baca juga: http://carinsurancequotes66.info/sejarah-pulau-sumba-pesonanya/

Hutan Kalimantan menjadi habitat alami orang utan, gajah borneo, badak borneo, rusa, tapir, dan beberapa spesies yang memang terancam punah. Pada dasarnya, budaya pulau Kalimantan terbagi menjadi dua budaya yaitu budaya pedalaman dan budaya pesisir. Dalam Festival Borneo, atraksi kedua budaya ini ditampilkan setiap tahun dan diikuti oleh keempat provinsi di Kalimantan serta diadakan secara bergiliran masing-masing provinsi. Kalimantan juga kaya akan budaya kuliner di antaranya masakan sari laut. Ada juga 5 budaya dasar masyarakat asli rumpun Austronesia di Kalimantan yaitu Dayak, Banjar, Melayu, Kutai dan Paser.

shares